Kandungan Serta Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh

Berdasarkan hasil penelitian  serta  berbagai  informasi yang telah banyak dikemukakan, manfaat dari buah naga ini sangat banyak. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai penyeimbang kadar gula darah, membersihkan darah, menguatkan ginjal, menyehatkan lever, menguatkan daya kerja  otak,  meningkatkan ketajaman  mata,  mengurangi keluhan panas dalam dan sariawan, menstabilkan tekanan darah, mengurangi keluhan keputihan,  mengurangi kolesterol   dan   mencegah  kanker   usus,  memperlancar faces (BAB), serta  untuk  perawatan kecantikan.  Beberapa keistimewaan  keunggulan dan manfaat  buah  naga cukup banyak dikemukakan.

Buah naga memiliki rasa yang yang enak, manis, kadang- kadang sedikit asam, dapat dikonsumsi sebagai buah segar, maupun diolah,  serta  sebagai  campuran   makanan  dan minuman  lainnya. Secara umum,  kandungan nutrisi dari buah naga adalah: Air 90,20% ,Karbohidrat 11,50%, Protein 0,53% ,Lemak  0,40%, Serat  0,71%, Calcium 6-10 mg/100g, Fosfor 8,70%, Vitamin C: 9,40%.  Untuk jenis yang berdaging buah  merah,  mengandung beta carotene yang  berfungsi sebagai  antioksidan.  Warna  merah  berasal  dari  pigmen alami yang dikenal sebagai  hylocerenin dan isohylocerenin dan juga    membuat berbagai  hidangan  berwarna  merah cantik ketika disajikan.

Kandungan Serta Manfaat Buah Naga

Buah naga termasuk jenis buah yang rendah kalori. Dalam seporsi buah naga (sekitar 100 gram) hanya terdapat sekitar 60 kalori. Buah ini juga sama sekali tidak mengandung lemak. Meski demikian, kandungan gizi pada buah naga cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam buah naga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah naga juga baik untuk merangsang pembentukan kolagen, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.

2. Vitamin B2 dan vitamin B3

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin B2 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh. Asupan vitamin B yang tercukupi juga diyakini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti migrain, katarak, preeklampsia, dan penyakit jantung. Vitamin B juga disebut berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh.

3. Magnesium

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung magnesium. Berkat kandungannya tersebut, buah ini dapat mencegah dan meringankan kram otot, meningkatkan stamina dan performa saat berolahraga, memelihara kesehatan dan fungsi jantung, serta menurunkan tekanan darah. Magnesium juga dapat menurunkan risiko depresi, diabetes tipe 2, dan hipertensi, serta meringankan gejala migrain dan sindrom pramenstruasi.

4. Zat besi

Zat besi merupakan jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh pun akan berkurang. Akibatnya, Anda berisiko terserang anemia atau kurang darah.

Buah naga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi asupan zat besi yang diperlukan tubuh dan mencegah Anda dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

5. Kalsium

Kalsium diperlukan oleh tubuh untuk memelihara kekuatan tulang. Selain itu, organ jantung, otot, dan saraf juga memerlukan kalsium agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab buah naga juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Selain mengonsumsi susu, Anda dapat mengonsumsi buah naga untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

6. Antioksidan

Buah naga merupakan jenis buah yang kaya akan antioksidan dan zat pewarna alami yang disebut antosianin. Zat inilah yang memberikan warna merah terang pada buah naga. Kandungan buah naga tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan menurunkan risiko kanker.

Setelah mengonsumsi buah naga merah, warna urine dan feses Anda mungkin akan menjadi tampak kemerahan. Namun, Anda tidak perlu cemas karena hal tersebut wajar terjadi dan tidaklah berbahaya. Urine dan fese berwarna kemerahan disebabkan oleh zat antosianin yang terkandung dalam buah naga merah.

Selain kandungan di atas, buah naga juga mengandung banyak serat sehingga bisa melacarkan pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan berserat tinggi, termasuk buah naga, Anda bisa tercegah dari sembelit.

Cara Menyimpan Buah Naga

Buah naga bisa dikonsumsi langsung setelah dicuci bersih. Namun, Anda harus memotong dan memisahkan antara daging buah dan kulitnya. Jika ingin menyimpan buah naga lebih lama, Anda bisa mencoba mengikuti beberapa tips berikut:

  • Bungkus buah naga terlebih dahulu dengan kantong plastik sebelum menyimpannya di kulkas.
  • Hindari memotong buah naga jika tidak segera dihabiskan.
  • Jika Anda sudah terlanjur memotong buah naga namun tidak habis dimakan, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya atau simpan di dalam freezer.
  • Jangan mengonsumsi buah naga jika daging buah sudah berubah warna menjadi kecoklatan dan bertekstur lembek.

2 Comments on “Kandungan Serta Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh”

  1. Do you mind if I quote a few of your articles as long as I provide credit and sources back
    to your weblog? My blog site is in the very same niche as yours and my users would certainly benefit from a
    lot of the information you provide here. Please let me know if this okay with you.
    Cheers!

Comments are closed.