Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Mata

Biasanya, orang meyakini bahwa daya penglihatan yang berkurang adalah konsekuensi penuaan yang memang tak bisa dihindari. Padahal, gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata dapat mengurangi risiko terjadinya masalah mata secara signifikan.

Menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi cukup makanan bergizi. Terutama, saat usia bertambah, konsumsi vitamin yang cukup sangat diperlukan untuk melindungi kesehatan mata.

Ada beberapa jenis nutrisi tertentu yang bisa mengurangi risiko masalah pada mata – terutama yang terkait dengan usia – yaitu zinc, copper, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Belakangan, jenis nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan mata bertambah. Ada asam lemak omega-3, lutein, dan zexanthin yang juga tak kalah berkhasiat.

Konsumsilah makanan yang tercantum di bawah ini dengan mengukus, menumis atau memakannya mentah (terutama sayuran dan buah-buahan). Cobalah juga membeli makanan organik dan segar untuk mendapatkan konsentrasi gizi tertinggi vitamin untuk mata dengan kandungan pestisida dan bahan kimia yang rendah.

Berikut adalah makanan terbaik buat kesehatan mata:

1. Ikan

Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik. Bagian yang terpenting adalah minyak ikan seperti tuna, salmon, sarden, bilis, herring, dan ikan trout. Beberapa penelitian membenarkan fakta bahwa mengonsumsi cukup minyak ikan dapat menekan risiko mata kering, termasuk mata kering yang rentan terjadi apabila seseorang terlalu lama melihat monitor komputer.

2. Kacang-kacangan

Tingginya kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya dan tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga mata dari risiko kerusakan akibat penuaan.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata adalah kacang merah, kacang mete, walnut, dan kacang Brazil.

3. Buah sitrus

Buah yang paling baik untuk kesehatan mata adalah buah sitrus, tak lain karena kandungan vitamin C yang melimpah di dalamya. Sama halnya seperti vitamin E, vitamin C adalah jenis antioksidan yang bisa mencegah masalah pada mata.

4. Sayuran berdaun hijau

Kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin C pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan pok coy sangat berkhasiat untuk kesehatan mata. Akan semakin baik jika pengolahannya tidak terlalu berlebihan sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga.

5. Wortel

Wortel adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata, kandungan beta-karoten yang membuat wortel selalu masuk dalam daftar ini. Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin. Ini dapat membantu retina dalam menyerap cahaya.

6. Telur 

Sumber yang paling baik untuk lutein dan zeaxanthin berikutnya adalah telur. Tak hanya itu, makanan yang mudah diolah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan zinc. Nutrisi-nutrisi itu dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mata akibat penuaan.

7. Kuaci

Mengisi waktu luang dengan makan kuaci rupanya juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Kuaci atau biji bunga matahari ini mengandung vitamin E dan zinc.

Kecenderungan kondisi kesehatan karena warna dan bentuk mata memang bersifat alamiah. Tapi gaya hidup dan lingkungan bisa memperbesar risikonya. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana menjaga kesehatan mata, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter