Tips Mendidik Bayi dengan Televisi

Bayi dan Televisi

  1. Temani bayi Anda bisa sedang melihat telivesi dan ajaklah berkomunikasi untuk memancing respon motoriknya. Dan pilihlah tayangan sesuai dengan perkembangan usianya.
  2. Sebaiknya menyetel TV sesaat setelah bayi tertidur serta jauhkan balita dari paparan televisi.
  3. Batasi waktu tayang dan programnya. Misalnya program dimulai pukul 8.00-8.30. setelah program selesai harus dimatikan. Ini cara yang tepat untuk mengajarkan disiplin kepada bayi untuk menghindari kecanduan TV kelak pada saat dewasa.
  4. Tempatkan televisi jauh dari kamar istirahat bayi karena suaranya dapat mengganggu ketenangan serta berdampak pada terganggunya komunikasi bahasa antarkeluarga.
  5. Isi kegiatan positif setelah menyusui tanpa harus beralih ke televisi karena bisa jadi tersihir dengan tayangan-tayangannya, dan dengan mudah mencontoh gerakan-gerakan yang tertayang di TV.
  6. Usahakan orang tua harus menjalin interaksi dengan bayi karena televisi hanya alat perantara saja. Misalnya saat menonton program Barney. Kalau Barney menyanyi, orang tua harus membantu mendampingi menyanyi, jadi interaksi anak dengan menyanyi terbentuk.

You may also like...

Powered by Yahoo! Answers