Makanan Pembangkit Semangat

Anda merasa lelah dan lesu di tengah pekerjaan atau aktivitas. Lalu  Anda berpikir untuk memompa kembali energi dan semangat dengan makanan atau minuman tertentu. Namun bila Anda tidak punya penyakit degeneratif yang mengganggu, dan setelah makan dan minum, Anda masih saja merasa lelah, lesu, dan letih. Itu tandanya Anda memilih makanan yang salah. Sesederhana itu. Triknya adalah memeilih makanan yang lebih lambat melepaskan energi dan memberikan tambahan energi secara bertahap namun tahan lama dan menjauhi makanan tinggi glisemik yang hanya memberikan energi instan, cepat, namun berlangsung singkat serta cepat membuat Anda kembali merasa lesu dan lelah.

Makan makanan yang tepat itu sanga t penting jika Anda sedang merasa lelah karena stres dari gaya hidup yang sibuk, baik itu berasal dari fisik, mental, atau tekanan emosional yang terlalu keras. Biar bagaimanapun, kelelahan tidak hanya merupakan gangguan sepele, jika diabaikan bisa menjadi kronis dan membuat Anda rentan terserang berbagai macam penyakit.

Anda dapat melawan kelelahan, dan Anda dapat melakukannya dengan makanan yang tepat. Kelima makanan dibawah ini punya nilai ekonomis, mudah dicerna, dan kaya nutrisi penting yang dapat membantu tubuh Anda mengubah makanan yang Anda asup menjadi energi.

 

Oatmeal

 

Oatmeal

Oatmeal

Meskipun indeks glisemik pada outmeal cukup tinggi, namun makanan ini lebih ampuh dari pada semua jenis produk sereal dan gandum lainnya yang bisasa diasup sebagai sarapan. Oeatmeal sudah lama dianggap sebagai makanan super karena kemampuannya sebagai makanan sehat. Karena kehebatannya, para praktisi medis dan ahli gizi tidak hanya mengijinkan, tetapi juga menyarankan, pasien diabetes yang berada di bawah pengawasan mereka untuk mengonsumsi oatmeal. Itu karena oatmeal membantu tubuh kita mempertahankan Indeks gula darah di tingkat normal.

 

 

Kenapa makanan ini ampuh:

  1. Sumber energi tahan lama, karbohidrat adalah nutrisi yang menghabiskan waktu paling sedikit di perut. Artinya, nutrisi ini memberikan dorongan energi cepat kepada Anda, lalu hilang begitu saja dari pencernaan Anda. Karena karbohidrat biasa adalah jenis bahan bakar yang cepat habis, Anda terdorong untuk memakan lagi untuk memasok energi. Demikian seterusnya. Lalu, tanpa Anda sadari, Anda telah makan berlebihan sepanjang hari, namun tetap merasa letih dan lelah, plus mengalami kelebihan berat badan beberapa minggu setelahnya. Tidak seperti makanan mengandung karbohidrat lainnya, kandunga serat tinggi dalam oatmeal membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda tidak terdorong untuk makan berlebihan sepanjang hari.
  2. Anti sembelit, serat juga penting untuk pencernaan Anda, khususnya serat pada oatmeal yang punya sifat mudah larut. Serat yang mudah larut ini memberi  makanan kepada bakteri di saluran pencernaan yang membantu mencegah Anda kehilangan energi karena mengalami sembelit.

Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga mengandung magnesium, protein, dan fosfor tiga nutrisi yang signifikan dan secara langsung mempengaruhi tingkat energi. Ini membuat oatmeal menjadikan makanan ideal untuk memerangi kelelahan.

  1. Sumber vitamin B1- sang penkonversi energi, selain itu oatmeal juga merupakan sumber vitamin B1 (thiamin), yang sangat penting untuk menghasilkan energi. Gejala bahwa Anda kekurangan vitamin B1 adalah kurangnya pasokan energi dan kehilangan nafsu makan. Bersama dengan nutrisi lain, vitamin B1 membantu pemecahan dan konversi makanan yang kita makan menjadi energi.

 

Saat yang tepat untuk makan ini :

Untuk mendapatkan energi instan yang tahan lama, jadikan oatmeal sebagai pilihan pertama dan utama dalam menu sarapan Anda. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting karena ini adalah waktu paling tepat untuk mengisi ulang energi Anda dan akan menentukan “irama” Anda sepanjang hari.

 

Yogurt

 

Yoghurt

Yoghurt

Tamplannya begitu lembut dan creamy. Kelihatannya lebih seperti makanan penutup penuh lemak yang menggemukkandari pada sebagai makanan sehat. Padahal sebenarnya, yogurt benar-benar bagus untuk kesehatan Anda berkat kandungan probiotik dan proteinnya yang tinggi.

 

Kenapa makanan ini ampuh :

  1. Sarat protein. karena lembut, tubuh Anda meroses yogurt lebih cepat dari pada makanan padat, menjadikannya sumber energi yang cepat. Tapi selain mendapatkan hasil yang cepat, energi itu juga tahan lama karena rasio kandungan protein dan karbohidratnya yang bagus. Protein bertahan lama di perut dari pada karbohidrat, sehingga pasokan energi lebih stabil. Karbohidrat di bakar terlebih dahulu, setelah habis giliran protein dijadikan sumber energi.
  2. Probiotik yang ampuh. Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri menguntungkan yang membantu menjaga ekosistem yang sehat di dalam usus dengan melindunginya dari patogen dan membantu tubuh melawan baktery berbahaya. Seperti serat, probiotik adalah bantuan yang bagus sekali untuk pencernaan Anda.
  3. Berefek menenangkan, Penelitian terbaru dari University of Toronto menunjukan bahwa probiotik dapat membantu mengatasi sindrom kelelahan kronis. Dalam penelitian ini, suplemen probiotik kelihatannya dapar memompa tingkat asam amino trytophan di otak. Trytophan adalah terkenal dikenal sebagai komponen yang membuat Anda mengantuk.

Selain itu, trytophan juga merupakan serotonin prekursor, sebuah neurotransmitter yang membantu Anda untuk tidur nyenyak, membuat Anda lebih tenang, dan oleh karena itu membantu mengatasi kelelahan fisik maupun emosional.

 

 

Saat yang tepat untuk makan ini :

Kapan saja Anda mau! Selain bermanfaat untuk kesehatan, salah satu hal terbaik dari yogurt adalah sifatnya yang fleksibel. Ini adalah makanan yang tepat untuk dimakan menjelang sore atau sebelum Anda berolahraga. Makanan ringan ini akan langsung memberikan energi cepat kepada tubuh Anda yang mulai mengantuk. Efeknya akan lebih luar biasa lagi sebagai menu sarapan bila Anda menambahkan topping sehat diatasnya, seperti gandum, kacang, dan buah-buahan. Yogurt juga pas-pas saja bila Anda jadikan sebagai hidangan pencuci mulut atau variasi untuk salad Anda.

Bayam

 

Bayam

Bayam

Bayam padat dengan gizi yang penting untuk memerangi kelelahan dan membantu tubuh kita berada di kondisi puncak. Selain merupakan salah satu sumber makanan paling padat zat besi di bumi, bayam juga sangat kaya akan magnesium dan kalium dan merupakan sumber B-vitamin yang sangat bagus sebagai pendongkrak energi.

 

Kenapa makanan ini ampuh :

  1. Anti anemia. Zat besi memainkan peran penting dalam peperangan Anda melawan kelelahan. Zat nutrisi ini dikenal merupakan pemompa energi yang hebat  membantu tubuh Anda menghasilkan energi dengan memberikan oksigen ke sel sehingga setiap sel tubuh Anda dapat bekerja secara optimal. Tampa oksigen yang cukup, sel-sel tubuh kita menjadi lambat dan bahkan tidak bisa bekerja sama sekali.

Tingkat zat besi yang rendah di dalam tubuh kita dapat mengakibatkan kelelahan fisik maupun emosional dan juga anemia. Gejala anemia meliputi kelelahan, kekurangan energi, tidak bertenaga, kesulitan berkonsentrasi apatis, insomnia, dan kehilangan nafsu makan. Bayam juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, vitamin yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

  1. Penyeimbang saraf dan otot. Kandungan utama lainnya dalam bayam adalah magnesium mineral yang memainkan peran penting dalam produksi energi.

Faktanya, mineral ini terlibat dalam ratusan reaksi enzimatik yang terjadi di seluruh tubuh dan secara langsung mempengaruhi sistem kardiovaskular Anda, pencernaan, dan saraf, otot, ginjal, hati, dan otak.

Magnesium sangat diperlukan dalam proses produksi energi, kerja sistem pencernaan yang maksimal, dan pengaturan kerja saraf dan otot. Tidak heran bila kurangnya magnesium dapat menyebabkan kerja otak dan tubuh kita menjadi lebih lambat.

Kekurangan magnesium sedikit saja sudah cukup membuat Anda kekurangan energi, membuat tubuh Anda harus bekerja keras sehingga menjadi cepat lelah. Ciri Anda mengalami defisiensi magnesium antara lai adalah tidak seimbangnya tingkat gula darah, depresi, kelemahan otot, kram otot, kejang otot, nyeri otot, tegang, kekurangan energi, kelelahan, sulit tidur, bingung, dan kurang nafsu makan.

 

Saat yang tepat untuk makan ini :

Karena kandungan nutrisinya yang sangat besar, bayam sebaiknya ada dalam sayuran yang Anda makan setiap hari. Praktisnya, makan bayam sebanyak mungkin dan sesering Anda bisa. Selipkan saja sayuran hijau ini di bubur gandum Anda setiap pagi, sandwich Anda pada saat makan siang, atau menjadi lapisan lasagna Anda untuk makan malam.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

 

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan padat gizi yang kaya akan protein berkualitas tinggi dan lemak omega-3 yang sehat. Tergantung pada jenis yang Anda pilih, Anda juga akan mendapatkan sejumlah besar mangan, magnesium, fosfor, besi, tembaga, riboflavin, vitamin B1,B2,B5, dan B6 dan tiptofan. Semuanya adalah nutrisi yang terlibat dalam proses produksi energi.

 

 

 

Kenapa makanan ini ampuh :

  1. Sumber protein pelawan bosan. Biji Labu, almond, kacang mete, dan hazelnut. Semua merupakan sumber magnesium, nutrisi yang membantu melawan kelelahan otot. Triptofan yang juga ditemukan dalam biji wijen, biji bunga matahari, biji labu, kacang mete, walnut, dan almond dapat membantu Anda untuk menang dalam pertempuran melawan kelelahan emosional dan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, sehingga dapat meringankan kelelahan fisik.

Semua kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dapat dikonversi oleh tubuh kita menjadi energi yang tahan lama.

  1. Omega 3 lemak pembangkit semangat. Tapi apa yang membuat kacang-kacangan dan biji-bijian seperti senjata ampuh dalam perang melawan kelelahan adalah perannya sebagai sumber yang kaya asam omega-3.

Omege-3 dikenal sebagai lemak esensial karena merupakan satu-satunya jenis lemak yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kita. Lemak sehat ini tidak hanya menurunkan indeks glisemik makanan tetapi juga merupakan bahan bakar lambat terbakar yang menyediakan energi jangka panjang. Omega-3 juga membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh kita. Ia merupakan kandungan alami hampir semua kacang-kacangan dan biji.

Banyak penelitian juga menemukan bahwa omega-3 dapat mengurangi risiko kegemukan dan membantu penurunan berat badan dengan memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Dengan demikian membantu Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Dengan demikian membantu Anda juga untuk mengendalikan kebiasaan ngemil yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, penyebab umum kenapa Anda cepat merasa lelah.

  1. Pendongkrak mood. Terakhir, asam lemak esensial ini juga membantu memperbaiki mood Anda sehingga berguna untuk memenangkan perang melawan keletihan yang terkait dengan masalah emosional.

 

Saat yang tepat untuk makan ini :

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah jenis makanan yang bisa Anda bawa kemana-mana dan diasup di sela-sela keisengan Anda. Namun demikian, konsumsi moderat adalah kunci untuk menuai manfaat kesehatan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Prepack porsi tunggal untuk membawa Anda pada siang hari, dan menyimpan porsi di dalam mobil serta meja Anda, dompet, atau tas kerja sehingga Anda selalu memiliki snack sehat di tangan. Satu porsi adalah satu ons (sekitar palmful kecil). Siapkan saja satu saji (sekitar 1 ons) untuk camilan siang Anda, satu saji lagi untuk persiapan menemani Anda di tengah kemacetan jalan, dan satu saji lagi untuk persiapan sewaktu-waktu Anda membtuhkan cemilan ini (saat bosan menunggu klien yang datang terlambat, misalnya).

You may also like...

Powered by Yahoo! Answers