9 Solusi Untuk Semua Masalah Rambut Anda

 

rambut-rontokBeberapa hari dalam sebulan ada saja pagi dimana Anda merasa rambut Anda kelihatan begitu menggelikan. Susah di atur pula. Pada hari-hari seperti itu sepertinya tidak ada gel dan mousse yang dapat membantu Anda menata rambut Anda agar terlihat indah. Pada hari yang buruk seperti itu, itu sebabnya orang menyebutnya bad hair day, Anda karena putus asa tidak bisa menjinakan rambut Anda mungkin mengambil jalan pintas dengan menyembunyikan poni Anda di balik topi. Oke, jangan gusar dulu. Kemampuan Anda menata rambut tidak seburuk itu. Sebaliknya, untaian rambut yang susah di atur biasanya lebih merupakan masalah kesehatan rambut ketimbang keterampilan Anda menatanya. Kabar baiknya: itu adalah masalah yang dengan mudah bisa Anda atasi dengan tips-tips berikut ini.

Masalah Rambut Anda: Kering

Diagnosa : Rambut jadi rusak bila kulit arinya pecah. Hal ini cenderung terjadi pada jenis rambut keriting atau bergelombang, namun semua jenis rambut bisa saja mengalami hal ini karena perubahan cuaca. “Anda mungkin tidak menyadari meningkatnya kelembaban, tetapi rambut Anda pasti menyadarinya,” kata Chaz Anderson, pemilik Dragonfly, sebuah salon terkemuka di Atlanta. Uap udara yang lembab masuk ke dalam rambut Anda dan menyebabkan kulit ari rambut jadi rusak. “Saya telah melihat banyak wanita yang mengalami masalah ini rambutnya menjadi kering dan kasar karena sering memakai alat penata rambut yang menggunakan panas,”kata Paradi Mirmirani, MD, dermatologis di Vallejo Medical Center, California.

Solusi Anda : Lindungi kulit ari rambut Anda dengan mengurangi pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas, seperti catok, hair dryer, dan lainnya. Dan mulailah mengenakan masker rambut seminggu sekali.”Ketika rambut Anda sudah lembab karena masker tersebut, rambut tidak perlu lagi menarik uap udara yang lembab dari udara sehingga tidak mengembang,” kata Anderson. Jika trik tersebut belum juga mengatasi masalah rambut kering Anda, cobalah menggunakan produk perawatan yang mengandung silikon untuk melindungi kulit ari rambut Anda.

Masalah Rambut Anda: Warnanya Pudar

Diagnosa: Warna rambut Anda (baik alami maupun tidak) dapat pudar jika terpapar oleh elemen-elemen tertentu. Warna rambut Anda juga bisa berubah seiring dengan pertambahan usia dan ini tidak melulu bearti uban. “Perubahan hormon yang terjadi karena pertambahan usia dapat menurunkan jumlah sebum (semacam zat pelindung rambut) yang di produksi oleh kulit kepala,”kata Dr. Mirmirani. Tanpa selimut pelindung sebum, rambut menjadi lebih kering (sehingga kelihatan lebih pudar) dan mudah terpengaruh oleh elemen pemudar warna seperti sinar matahari dan garam.

Solusi Anda: Gunakan produk conditioner yang mengandung bahan pengilap sebulan sekali. Itu akan melapisi tiap helai rambut Anda dengan zat yang pengilap yang mengeluarkan kembali warna rambut Anda. Cara kerjanya seperti pelindung kuku yang membuat warna pemoles kuku Anda menjadi lebih hidup.

Masalah Rambut Anda: Rontok

Diagnosa: Tidak gampang untuk menemukan dengan jelas apa yang menyebabkan masalah rambut rontok. “Flu, terapi pengobatan baru, kehamilan, anasthesia. Semuanya dapat menyebabkan rambut Anda rontok dengan tiba-tiba,”Kata Dr.Mirmirani. jika rambut Anda rontok secara bertahap, kondisi medis atau faktor keturunan mungkin adalah penyebabnya.

Solusi Anda: beralihlah ke produk shampoo yang mengandung asam amino kedelai (soy amino acid), yang berguna untuk menebalkan rambut, dan palmetto, zat alami yang menghambat DHT (testosteron metabolit yang bertanggungjawab pada masalah rambut rontok). Bila rambut Anda jarang, pertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan penumbuh rambut yang mengandung minoxidil, zat yang terbukti ampuh menstimulasi pertumbuhan rambut.

Masalah Rambut Anda: Berminyak

Diagnosa: “jika Anda sering mencuci rambut, detergen pada shampoo akan membuat kulit kepala Anda kering. Hal tersebut akan menyebabkan kelenjar memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasinya,”kata Anderson. Sebagian wanita juga ditengarai rambutnya menjadi lebih berminyak di waktu-waktu tertentu dalam siklus bulanan mereka. Meskipun tidak ada bukti kuat bahwa kondisi rambut berminyak ini terkait dengan siklus bulanan Anda, menurut Dr. Mirmirani, hormon tetap merupakan faktor kuat yang mempengaruhi produksi minyak dikepala Anda.

Rambut Rontok

Rambut Rontok

Solusi Anda: sayangnya, masalah ini tidak dapat selesai dalam satu malam. Langkah pertama yang harus Anda lakukan: kembali mencuci rambut hanya dua atau tiga kali seminggu. Jika dirinya kembali dan balik ke kondisi produksi minyak yang normal setelah satu atau dua minggu,”kata Anderson.

You may also like...

Powered by Yahoo! Answers